Apa itu pemasaran digital, mengapa, bagaimana, untuk siapa?


Apa itu pemasaran digital?

Bulan depan akan ada sirkus. Semua orang harus tahu ini. Tanya saya apakah itu bisa dipromosikan di televisi dan di majalah, saya berbicara dengan mereka, mereka memberi saya hadiah. Saya setuju. Dan mereka mulai mempromosikan, itu sebenarnya iklan.

Kemudian saya turun ke jalan dengan seekor gajah. Saya berkeliling kota untuk menulis detail tentang gajah. Sebenarnya promosi.

Melihat promosi ini, banyak media dan majalah mulai menulis tentang sirkus, itu publisitas.

Orang-orang mulai membicarakan sirkus. Ini adalah reaksi publik.

Di penghujung hari, orang-orang pergi menonton sirkus, tiketnya dipotong. Ini untuk dijual.

Dan seluruh proses ini adalah pemasaran. Dan ketika seluruh proses ini ada di saluran digital, itu adalah pemasaran digital.

Sederhananya, untuk menjual produk atau layanan Anda, seluruh proses yang Anda lalui adalah bagian dari pemasaran.

Pemasaran internet sebenarnya terdiri dari dua jenis.

1) Pemasaran Masuk

2) Pemasaran Keluar

Pemasaran Masuk: Tempat pelanggan datang kepada Anda. Misalnya dari mesin pencari.

Pemasaran Keluar: Ke mana Anda pergi ke pelanggan. Seperti iklan.

Baca lebih lanjut tentang Pemasaran Masuk dan Pemasaran Keluar: Pemasaran Masuk vs. Pemasaran Keluar.

Bagian populer dari pemasaran digital:

Di antara banyak aspek pemasaran Internet, yang paling populer adalah:

Optimisasi Mesin Pencari

Pemasaran media sosial

Pemasaran Konten

Email Pemasaran

Periklanan Digital (Facebook, Google, Periklanan Asli)

Pemasaran Afiliasi

Siaran pers online

Konten bersponsor, dll.

Bagaimana Pemasaran Internet Membantu Anda Mendapatkan Pembeli:

Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan ini.

Ingat apa yang Anda beli dalam 6 bulan terakhir?

Dimana kamu membeli itu?

Bagaimana caramu menemukannya?

Pada dasarnya, orang tahu tentang suatu produk/jasa dalam tiga cara.

1) Dari mulut ke mulut

Saya mendengar dari seseorang yang saya kenal dan kemudian minat saya tumbuh, saya melakukan lebih banyak penelitian dan membeli.

Seseorang yang saya kenal mungkin adalah koneksi media sosial saya, mungkin teman dan keluarga, mungkin kolega atau influencer yang saya ikuti. Mendengarkan tidak berarti saya mendengar Verbal, saya mendapatkannya dari status Facebook-nya, atau dari posting blog, video. Misalkan sekarang saya daftar semua alat di posting blog ini, maka itu akan menjadi Word of Mouth.

Sekali lagi jika Anda menyukai kontennya, Anda memberi tahu seseorang yang Anda kenal untuk membaca tulisan saya, untuk bergabung dengan grup saya, maka itu akan menjadi Word of Mouth. Saya selalu mendapatkan banyak permintaan anggota di grup saya yang berasal dari saluran mulut ke mulut. Dan persentasenya adalah 35%.


2) Mesin pencari:


Ketika seseorang membutuhkan informasi/produk/jasa, dia menemukannya. Dan di era ketergantungan saluran digital ini, orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa pun. Bisa jadi Google, bisa jadi mesin pencari lainnya. Seperti Amazon.


Jadi jika produk, layanan, atau informasi saya ada di urutan teratas mesin pencari, maka saya akan selalu mendapatkan pembeli baru. Misalnya, jika seseorang mencari Google dengan mengetik pemasaran Facebook, maka salah satu posting saya berada di peringkat pertama. Yang membantu saya mendapatkan pembaca baru setiap hari.


3) Melihat iklan:

Misalkan saya belum mendengar dari siapa pun, atau pernah mencari. Tapi ketika saya sedang menggunakan Facebook, tiba-tiba saya melihat sebuah iklan, dan saya menjadi tertarik. Saya mengklik tautan iklan untuk melihat detailnya, menyukainya, dan membelinya.

Hal ini dapat terjadi dengan semua jenis iklan.

Pada dasarnya, kami dapat membagikan sumber pembeli kami melalui ketiganya. Jadi dalam hal pemasaran digital, Anda perlu memperoleh keterampilan tentang cara memanfaatkan ketiga media ini. Hanya dengan demikian akan memungkinkan untuk menghasilkan pengembalian yang tepat sebagai pemasar.

Gagasan tentang berbagai kampanye:

Karena pemasaran digital bukan hanya tentang periklanan, ada banyak keterkaitan yang terlibat. Salah satu bagian atau tujuan pekerjaan adalah salah satu dari jenisnya. Yang mungkin untuk menghasilkan penjualan langsung, yang mungkin untuk meningkatkan pengenalan merek. Dan jika Anda ingin menjadi pemasar digital yang terampil, Anda harus memiliki gagasan terperinci tentang berbagai kampanye.

Berikut adalah beberapa jenis kampanye:

Kesadaran Merek

Generasi pemimpin

Peluncuran produk

Peluncuran merek

Rebranding

Dorongan musiman

Generasi Sel

Upselling

Gulat

Cross selling

Generasi Permintaan

Bagaimana cara belajar pemasaran digital?

Ada banyak cara untuk belajar pemasaran online. Jika Anda ingin belajar, tidak ada kekurangan kesempatan belajar. Tetapi jika Anda ingin belajar dengan panduan yang cepat dan akurat, lebih baik mengambil kursus. Karena isinya sudah diatur.

Namun perlu diingat, Anda tidak bisa hanya belajar dengan melihat isinya, Anda harus berlatih dengan cara yang benar. Perlu latihan lagi dan lagi.

Berikut adalah detail dari apa yang dapat Anda pelajari

Sumber daya online gratis

Kursus online

Kursus di Tempat: (Tradisional)

Magang (bekerja dengan organisasi atau profesional yang menyediakan layanan pemasaran online).

Kursus privat satu lawan satu. (Belajar secara privat dari seorang mentor)

Pelajari cara mengembangkan karir di bidang pemasaran digital

Seorang digital marketer sebenarnya bisa mengembangkan karirnya dengan banyak cara.

Konsultan Pemasaran Digital Freelance

Pekerjaan

Agensi sendiri, dari mana dia dapat melayani klien.

Pemasaran Afiliasi

Bimbingan bisnis e-niaga / dropshipping

Untuk siapa industri ini?

Pemasaran digital pada dasarnya adalah untuk mereka yang berpikiran berkembang. Mereka yang suka bekerja dengan data. Mereka yang selalu suka melakukan analisis. Lebih suka pengujian terpisah. Mereka yang bersenang-senang bekerja dengan alat yang berbeda.

Pikirkan tentang psikologi, belajar. Menikmati. Merasa nyaman membuat konten.

Pasar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, lebih menyukai tantangan.

Karena itu adalah pekerjaan yang sangat menantang, di mana ada banyak kemungkinan, tetapi untuk itu, Anda harus memiliki sikap untuk mengatasi tantangan tersebut.

Sama seperti pemasaran internet sangat penting bagi seorang profesional, demikian juga penting bagi setiap bisnis untuk memiliki gagasan tentang pemasaran digital. Yang akan membantunya dalam pertumbuhan bisnisnya.

Berapa banyak yang bisa diperoleh dengan belajar pemasaran digital?

Itu tergantung pada seberapa terampil Anda. Karena pemasaran sangat penting untuk pertumbuhan bisnis, organisasi menawarkan manfaat paling besar bagi para profesional di industri ini. Tapi dia harus membuktikan kemampuannya.

Berapa banyak yang dapat Anda peroleh tergantung pada organisasi, industri, dan lokasi.

Kalau dihitung-hitung pekerjaannya bisa dari 20.000 hingga 1 juta rupee Bangladesh. Tetapi perlu diingat bahwa itu semua tergantung pada keterampilan Anda. Pada awalnya, tentu saja, sesuatu yang setinggi langit tidak bisa diharapkan. Semakin banyak pengembalian yang dapat Anda hasilkan, semakin banyak organisasi akan mengevaluasi Anda. Jadi pendapatan setiap orang tidak akan sama.

Dan sisanya sangat mirip bisnis, jadi prediksinya nol sampai langit adalah batasnya.

Pada akhirnya ini adalah bidang pekerjaan yang sangat menjanjikan. Dan dengan menghindarinya, karena tidak ada bisnis yang bisa tumbuh, permintaannya tidak akan berkurang. Itu tergantung pada kita seberapa terampil kita dan berapa banyak pangsa pasar yang kita miliki. Industri pemasaran digital tidak akan pernah bisa bertahan tanpa mengembangkan keterampilan.

Post a Comment

Previous Post Next Post